8 Tips Mencuci Baju Muslim Anak Bahan Kaos

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Tentunya kita sudah mulai mempersiapkan banyak hal untuk menyambut hari nan fitri. Baju baru yang akan dikenakan saat hari raya tentunya sudah masuk dalam daftar persiapan Anda bukan? Bagaimana dengan baju muslim untuk anak?  Saat ini banyak baju muslim anak berbahan kaos dengan aneka model yang akan membuat penampilan sang buah hati semakin mempesona di hari raya nanti.

Baju muslim anak bahan kaos

Setelah baju muslim anak berbahan kaos dibeli sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk merawatnya agar tetap awet dan tidak cepat rusak jika dikenakan. Baju muslim anak bahan kaos hendaknya dirawat dengan cara yang tepat. Proses mencuci baju anak bahan kaos yang sembarangan akan menyebabkan baju anak cepat rusak. Sangat disayangkan jika Anda baru saja membelikan namun baru beberapa kali dipakai sudah cepat rusak.

Baju muslim anak bahan kaos

8 Tips Mencuci Baju Muslim Anak Bahan Kaos

Agar hal tersebut tidak Anda alami berikut ini kami bagikan  beberapa tips mencuci baju muslim anak bahan kaos agar baju anak  tetap awet dan tidak cepat rusak.

  1. Pisahkan Baju Muslim Anak Berwarna Putih dengan Warna-Warna Lainnya

Pemisahan baju muslim anak berwarna putih dengan warna-warna lainnya bertujuan agar warna baju muslim anak berbahan kaos tidak mudah luntur. Baju berbahan kaos  dengan warna  putih sangat mudah luntur jika terkena baju dengan warna-warna lain.

  1. Pisahkan Baju-Baju yang Kotor Sekali dan yang Tidak Terlalu Kotor

Cara ini dilakukan  agar baju yang tidak terlalu kotor tidak menjadi kotor sekali karena bercampur dengan baju-baju yang sangat kotor. Tentunya cara ini akan mempermudah Anda dalam mencuci  bersih baju muslim anak berbahan kaos.

  1. Hindari Terlalu Lama Merendam Baju Muslim Anak Berbahan Kaos

Sebaiknya Anda tidak merendam baju muslim anak Anda terlalu lama dengan cairan detergen sablon. Hal ini mengakibatkan baju muslim anak berbahan kaos akan cepat rusak.  Detergen mengandung zat kimia yang akan merusak tektur kain berbahan kaos. Oleh karena itu upayakan untuk merendem baju muslim anak berbahan kaos kurang dari 30 menit untuk mencegah baju cepat rusak.

  1. Hindari Penggunaan Sikat Keras Saat Mencuci

Baju muslim berbahan kaos akan cepat rusak jika dicuci dan disikat dengan sikat keras. Pori-pori baju berbahan kaos akan cepat rusak jika dikucek terlalu keras. Sebaiknya kucek perlahan-lahan saja jika baju muslim anak berbahan kaos penuh noda membandel.

Baju muslim anak bahan kaos

  1. Cuci Manual Tanpa Mesin Cuci

Tekstur baju berbahan kaos cenderung mudah rusak dan cepat kusust jika dicuci dengan mesin cuci. Sebaiknya cuci lalu baju berbahan kaos dengan menggunakan tangan atau secara manual.  Mencuci dengan tangan akan membuat kita lebih mudah mengontrol diri sendiri untuk berhati-hati saat proses mencuci. Tentunya berbeda dengan penggunaan mesin cuci yang hanya berfokus pada bagaimana proses membersihkan saja namun tidak berupaya merawat.

  1. Jemur Baju dengan Membalikkan Terlebih Dahulu

Proses penjemuran baju dengan membalikkan terlebih dahulu bertujuan untuk mencegah sengatan sinar matahari langsung. Cara ini terbukti mampu menjaga warna baju muslim berbahan kaos menjadi tidak pudar.

Baju muslim anak bahan kaos

  1. Hindari Penggunaan Hanger Saat Menjemur Baju Muslim Berbahan Kaos

Baju muslim berbahan kaos dengan tekstur lembut mudah melar atau melebar jika dijemur dengan hanger. Oleh karena itu, hindari penggunaan hanger saat menjemur baju muslim anak berbahan kaos.

  1. Upayakan Tidak Memakai Pemutih untuk Mencuci Baju Muslim Anak Berbahan Kaos

Kandungan zat kimia yang tinggi pada pemutih pakaian menyebabkan warna baju berbahan kaos menjadi cepat pudar. Jika harus menggunakan pemutih, pakailah cuttons buds (alat untuk membersihkan telinga anak)  untuk mengoleskan pemutih di  baju muslim anak berbahan kaos tersebut. Hal ini dilakukan agar warna bagian-bagian baju lain tidak ikut pudar akibat terkena pemutih yang kita gunakan.

Nah, demikianlah ulasan tentang 8 tips mencuci baju muslim anak bahan kaos. Dengan beberapa tips di atas kini Anda tak perlu bingung tentang bagaimana mencuci baju anak dengan cara yang tepat. Terapkan tips-tips di atas agar baju muslim anak bahan kaos tidak cepat rusak, tetap awet, tahan lama dan warna tidak pudar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *